DATABASE : Bag-1


BASIS DATA (DADABASE)
DATABASE atau BASIS DATA adalah kumpulan data yang berhubungan yang disimpan secara efisien dan kompak. Kata “efisien” berarti bahwa data yang tersimpan dapat diakses dengan sangat mudah dan cepat. Demikian pula, kata “kompak” berarti bahwa data yang tersimpan mengambil sebagai ruang sesedikit mungkin. Dalam definisi di atas database, frase data terkait digunakan. Ini berarti bahwa database berisi data atau informasi tentang suatu topik tertentu seperti:Database karyawan yang berisi data karyawan suatu organisasi atau departemen dan database yang berisi data siswa mahasiswa dari perguruan tinggi atau universitas.
Database menyimpan data terkait serta penjelasan tentang data. Untuk alasan ini, database juga didefinisikan sebagai kumpulan menggambarkan diri catatan terpadu. Gambaran data dikenal sebagai sistem atau katalog kamus data atau metadata. Misalnya ketika tabel database dirancang, tipe data, ukuran, format dan deskripsi lain dari bidang yang ditentukan. Ini merupakan contoh metadata, yang menggambarkan sifat data yang akan disimpan ke dalam bidang tabel.
Data dari setiap organisasi adalah bagian integral. Data ini sangat penting untuk mengembangkan produk baru dan pemasaran mereka. Data harus akurat dan tersedia saat dibutuhkan. Ini adalah alasan bahwa organisasi semua harus mengatur dan mengelola data mereka ke dalam database. Database digunakan untuk berbagai tujuan sebagai organisasi. Sebagai contoh, ketika Anda membeli barang dari supermarket lokal anda, asisten kasir akan melewati produk yang dibeli melalui perangkat pemindai yang dikenal sebagai pembaca barcode. Perangkat ini akan membaca kode bar tercetak pada produk dan memberikan harga yang akurat item tersebut. Sebenarnya, pembaca kode bar mengakses database, yang berisi informasi tentang produk. Pembaca barcode dihubungkan dengan sebuah program aplikasi database, yang menggunakan kode bar untuk akses harga item. Program pembaruan basis data secara otomatis database. Asisten juga dapat memeriksa apakah sebuah item yang diperlukan dalam saham dengan menjalankan program aplikasi database. Demikian pula, Anda dapat membeli barang yang menggunakan kartu kredit Anda. kredit Anda diperiksa oleh card reader dihubungkan ke sistem komputer. Dalam hal ini, ada database tempat yang berisi informasi tentang kredit Anda. Hampir semua organisasi dan departemen pemerintah setiap negara di dunia ini menggunakan database untuk menjaga catatan mereka. Beberapa contoh database besar yang telah dikembangkan di seluruh dunia adalah:
Bila Anda menarik jumlah dari bank melalui kartu ATM, Anda mengakses database; account Anda diakses dan diperiksa melalui mesin teller otomatis. Bila Anda menarik beberapa jumlah dari account Anda, catatan Anda dalam database secara otomatis diperbarui segera.
Ketika Anda mengunjungi perpustakaan setempat Anda, mungkin ada database komputer berisi rincian dari buku-buku di perpustakaan. Akan ada indeks terkomputerisasi, yang memungkinkan Anda untuk menemukan buku berdasarkan judul dan nama penulisnya.
Organisasi meteorologi berisi database memiliki informasi mengenai data meteorologi saat ini dan sebelumnya. Departemen meteorologi benar-benar tergantung pada data meteorologi.
Sebuah database dapat dihasilkan dan dipelihara secara manual atau mungkin terkomputerisasi. Katalog kartu perpustakaan adalah contoh dari database yang dibuat dan dipelihara secara manual. Di sisi lain, database komputer dapat dibuat dan dipelihara baik dengan menggunakan program aplikasi, yang dikembangkan khusus untuk tujuan itu atau dengan sistem manajemen database.

cara-mengetahui-kualitas handphon

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

  1. ATIH KELAS XI IPA 210 Juni 2011 10.08

    Terimakasih pak, setelah saya membaca dan mempelajari artikel di atas, saya memperoleh pengetahuan lebih lengkap tentang data base.

    BalasHapus