SEARCH ENGINE Bagian VI


JURUS AMPUH MENGGUNAKAN SEARCH ENGINE
Siapkan Backup Search Engine
Meski semua mekanisme pencarian yang digunakan oleh search engine terhubung satu dengan yang lain. Hasil pencarian yang diperoleh belum tentu sama. Hal ini disebabkan masing-masing search engine memiliki metode yang berbeda dalam mengklasifikasi data yang dicari.

Jika gagal menemukan apa yang Anda cari di satu search engine cobalah search engine lainnya. Hal ini tidak membutuhkan waktu lama dan hasilnya pasti akan membuat Anda terkesima karena maisng-masing search engine bisa jadi akan memberikan hasil yang tidak terpikirkan sebelumnya. Jangan hanya mengandalkan satu search engine untuk mencari apapun yang Anda inginkan tetapi pesiapkan back up search engine alternatif sebagai persiapan.

Kenali Search Engine Favorit
Kebiasaan terburuk kita adalah enggan membaca fasilitas help. Seperti halnya handphone, mobil maupun program-program komputer Anda, mengetahui cara mengoperasikan search engine merupakan hal yang sangat penting. Memahami fasilitas-fasilitas yang disediakan dengan baik akan membuat proses pencarian Anda lebih optimal.

Tiap search engine memiliki fasilitas-fasilitas unggulan yang unik. Salah satu diantaranya adalah fasilitas Advanced search yang menawarkan berbagai kemudahan proses pencarian, mulai batasan pencarian, jumlah halaman yang ditampilkan hingga fasilitas untuk pengguna yang mencari topik yang sama berulang-ulang.
Dengan memanfaatkan kelebihan search engine yang ada, Anda tidak perlu lagi khawatir membuang waktu surfing karena hasil pencarian yang tidak sesuai atau bahkan ketidaktahuan tentang fitur yang berguna bagi Anda.
Tetapkanlah search engine favorit Anda, pastikan membaca dengan baik fasilitas help yang disediakan.

Manfaatkan Jurus Rahasia : Boolean
Anda tahu Boolean? Jika tidak, itu wajar karena fungsi operator ini lebih banyak digunakan oleh kalangan progamer komputer untuk membuat script logika pemrograman menjadi lebih cepat dan efisien. Anda dapat memanfaatkannya untuk boosting pencarian di internet tanpa harus terlebih dahulu jadi programmer.
Berikut ini adalah beberapa fungsi operator Boolean yang dapat Anda manfaatkan saat menggunakan search engine:

< > AND < > untuk mencari dua subyek tertentu dan hasilnya ingin ditampilkan secara bersamaan. Contoh: management AND operation
< > OR < > untuk mencari dua subyek tertentu dan hasilnya salah satu atau keduanya ingin ditampilkan. Contoh: BMW OR VW
< > NOT < > untuk mencari subyek tertentu dimana subyek yang terakhir tidak ingin ditampilkan hasilnya. Contoh cwie mie NOT mie ayam
Seperti halnya saat menggunakan pembuatan script pemrograman maupun di ilmu logika matematika. Anda dapat memanfaatkan fungsi operator Boolean ini dengan berbagai fungsi operator lain seperti tanda dalam kurung [( )], titik koma [;] ataupun tanda petik [“”] untuk dikombinasikan secara bersama-sama atau terpisah saat mengisi subyek pencarian di dalam bar search engine. Contohnya ketika ingin mencari situs yang menjual buku tentang biografi David Coperfield. Anda dapat menggunakan kombinasi perintah boolean sebagai berikut: “David Coperfield” AND book NOT magic.
Tidak semua search engine mendukung fungsi operator Boolean ini. Untuk mengetahuinya, bukalah fasilitas advanced search kemudian pelajari dengan baik apakah fungsi ini tersedia. Beberapa search engine memerlukan perlakuan khusus untuk menjalankannya dengan penambahan tanda garis bawah diantara fungsi operator Boolean yang digunakan.

Manfaatkan Fasilitas Advanced Search
Umumnya, search engine menawarkan beragam metode pencarian yang terkemas dalam fasilitas khusus yang disebut “Advanced Search”. Diluar metode pencarian konvensional, yang hanya memasukkan kata dalam search bar, dilanjutkan tekan tombol “go” atau “enter”, cobalah untuk memanfaatkan fasilitas advanced untuk lebih mengoptimalkan akurasi pencarian Anda di dunia maya.

Beragam menu pencarian pilihan yang ditawarkan oleh tiap search engine dalam menu advanced search-nya. Mulai format output yang diharapkan, jumlah situs hasil temuan yang ditampilkan per halaman hingga ke tingkat keterbaruan dari situs yang ingin ditampilkan.

Search engine tertentu bahkan memberi kebebasan bagi pengguna fasilitas advanced search untuk mengkustomisasi beragam metode pencarian yang disajikan seperti kustomisasi fungsi operator Boolean maupun dengan kata-kata kunci tertentu yang telah dibakukan sebelumnya. Contohnya adalah search engine Alltheweb dan Google.
Teliti Teks Input di Search Bar

Jika output yang dihasilkan oleh search engine terasa janggal atau di luar harapan Anda. Coalah meneliti input yang dimasukkan dalam search bar sesuai dengan ejaan yang sebenarnya atau tidak. Ingatlah search engine pada umumnya juga menganut prinsip “garbage in, garbage out”.
Menebak Input
Kadang-kadang salah ketik bisa juga memberikan hasil yang tidak disangka sebelumnya. Mengapa demikian? Dunia maya alias internet ternyata sangat kompleks dan luas, terkadang salah pengejaan atau salah ketik huruf pada suatu kata bisa saja terjadi dalam sebuah situs.

Saat pencarian, tidak ada salahnya untuk sesekali berbuat iseng dengan memasukkan kata yang salah pengejaan. Mungkin Anda tidak akan memperoleh hasil memuaskan untuk penelitian, saat memasukkan “recombinant DAN”. Tetapi bila Anda memasukkan “Avril Lavinge”. Penjelajahan data tentang musik rock akan tersedia.
Ketat Agar Tepat
Jika hasil yang ditampilkan search engine Anda mengecewakan. Jangan putus asa. Cobalah membuat batasan subyek dalam search bar secara spesifik dengan memanfaatkan fungsi operator boolean atau fasilitas advanced search. Sebagai contoh gunakan fungsi operator NOT atau [-] untuk menghindari asosiasi subyek pencarian dengan subyek yang tidak diinginkan.

Anjing NOT tulang atau Anjing-tulang dapat diartikan sebagai mencari segala sesuatu subyek yang berkaitan dengan anjing tetapi tidak memiliki hubungan dengan tulang.
Gunakan Streaming Atau Wildcards
Internet adalah surganya informasi, maka diperlukan kretivitas untuk memanfaatkannya. Jangan terpaku pada salah satu kata atau frasa baku saja untuk mencari subyek yang dimaksud. Semisal mencari subyek yang berkaitan dengan kelistrikan, cobalah menggunakan kata electrical atau electric atau electricity.
Di beberapa search engine menawarkan fasilitas streaming atau wildcards dalam fasilitas advanced search-nya, yakni sebuah fasilitas yang memungkinkan penguraian padanan kata sekaligus turunan kata yang paling dimungkinkan. Meski fasilitas ini menggiurkan namun penggunaan yang kurang tepat justru membuat hasil pencarian menjadi tidak optimal karena subyek yang dicari menjadi terlampau luas.
Gunakan Metasearch

Jika tidak puas dengan perolehan hasil search engine favorit Anda, tidak ada salahnya memanfaatkan metasearch engine. Yakni mesin pencari di internet yang memiliki kemampuan mengkompilasi hasil pencarian yang dilakukan oleh search engine yang lain.
Berbeda dengan search engine pada umumnya yang melakukan proses index sendiri terhadap materi-materi yang baru yang ada di dunia maya, maka metasearch engine tidak melakukan hal tersebut. Ia hanya memanfaatkan index dari query (subyek) yang paling sering dicari oleh para pengguna di masing-masing search engine yang ada untuk kemudian ditawarkan ulang kepada Anda.

Situs HotBot (www.hotbot.com), yang selama ini diidentikkan sebagai metasearch engine, menawarkan solusi unik pencarian menggunakan metode metasearch. Situs ini memberikan direct link access ke sejumlah search engine terkemuka seperti Google, Alltheweb, Inktomi maupun Teoma.

Meski dibandingkan awal berdirinya, metasearch mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Namun tetap saja berbagai keterbatasan dijumpai di situs-situs metasearch ini. Sebagai contoh adalah metasearch (www.metasearch.com), yang merupakan pelopor pertama teknik pencarian metasearch, memiliki tampilan antar muka yang sederhana dengan mode pencarian yang terbatas.

Tetapi memanfaatkan engine yang satu ini sebagai solusi alternatif pencarian di jagad maya merupakan hal yang menarik. Jika Anda ingin mencoba memanfaatkan engine ini, kunjungi situs-situs berikut ini: www.dogpile.com, www.metacrawler.com, www.ixquick.com, www.mamma.com.
Gunakan Tool yang Tersedia
Anda mungkin ingin mencari subyek dengan bahasa tertentu, membutuhkan alat bantu penerjemah, atau bahkan berhubungan dengan wilayah tertentu di belahan dunia.
Pastikan untuk memanfaatkan tools yang telah disediakan oleh search engine bersangkutan untuk lebih menghemat waktu pencarian Anda. Seperti memilih secara spesifik lokasi negara maupun bahasa dari subyek yang dicari.
Jelajahi Lebih Dalam

Saat Anda memperoleh hasil dari search engine. Jangan berpuas diri dengan hasil yang asda. Cobalah untuk mencari lebih jauh lagi. Sebuah situs terdiri halaman-halaman yang tersususn bagian per bagian.

Selain itu, diluar search engine yang bersifat umum, terdapat beberapa situs maupun portal yang mengkhususkan diri pada pengorganisasian database. Contohnya adalah www.complete-planet.com dan www.infomine.com. Kunjungi situs ini dan bukalah bagian per bagian di dalamnya.
Kunjungi Perpustakaan Online
Beberapa perpustakaan di berbagai belahan dunia telah meng-online-kan dirinya. Dalam situs mereka dapat dijumpai beragam indeks, direktori, dan ensiklopedia informasi mulai koleksi buku hingga beragam info digital yang bisa diperoleh secara gratis.
Terkadang, Anda pun dapat memperoleh riset akademik yang meyakinkan dari berbagai majalah maupun jurnal dalam situs-situs tersebut. Kenyataanya, masa depan informasi yang tercetak dari berbagi publikasi ini memang masih diragukan. Namun setidaknya, Anda dapat memanfaatkan sebagian informasi penting tersebut dengan gratis.
Jika anda menghendaki informasi yang merujuk pada referensi tertentu maka kunjungi saja situs-situs tersebut tanpa harus berpusing-pusing mencari rujukan tertentu tanpa ujung pangkal.

Perhatikan Perkembangan
Seperti halnya teknologi perangkat keras PC, metode pencarian di internet pun mengalami perkembangan seiring perkembangan teknologi yang ada.
Saat ini tersedia metode pencarian baru yang dikenal dengan Latent Semantic Indexing (LSI). Yakni metode pencarian kata menggunakan rumus algortima matematika yang menghitung kemungkinan asosiasi kata yang dimaksudkan. Dengan menggunakan metode ini hasil yang ditampilkan menjadi lebih beragam dan kompleks.

Ada hal penting yang harus Anda sadari. Saat Anda melakukan pencarian di internet, Anda tidaklah sendiri. Banyak pihak mengamati hal-hal yang Anda cari berdasarkan cache yang ditinggalkan pada search engine. Mereka menggunakan data yang diperoleh untuk beragam kepentingan bisnis hingga tujuan yang berbahaya.
Tetapi bukan berarti Anda harus parnaoia. Sebatas yang Anda cari di internet bukanlah tindakan yang melanggar hukum, Anda tidak perlu khawatir. Sebatas pengamatan yang dilakukan pihak ketiga tidak membahayakan Anda secara langsung. Anda bisa bernafas lega.
Waspada tetap perlu Anda lakukan saat melakukan pencarian di internet. Pastikan bahwa anti-virus Anda selalu aktif setiap saat sehingga dapat mencegah hal-hal tidak terduga yang dapat menganggu kenyamanan aktivitas berinternet.

Artikel Yang Berhubungan



2 komentar:

  1. Kang Makasih Artikelnya, minta ijin tuk ngambil...

    BalasHapus
  2. terima kasih,artikel ini sangat membantu menambah wawasan saya. terutama di bidang TIK.

    BalasHapus